Reportase pertemuan ketujuh


Pertemuan ketujuh perkuliahan filsafat pendidikan diadakan pada  hari Selasa, 30 Oktober 2018. Dosen pengampu mata kuliah ini masih sama yaitu Bapak Aniq Khoirul Basya, S.Pd,.M.Hum. Perkuliahan dimulai tepat pukul 09.10 WIB di GU 416, FIP, UPGRIS.
    Topik perkuliahan yang dibahas pada hari itu adalah tentang Pendidikan dan Pengajaran. Pendidikan merupakan sebuah wadah untuk mengembangkan potensi diri seorang individu.. Dapat dikatakan bahwa pendidikan itu saling memberi informasi atau bertukar informasi. Selain itu pendidikan berasal dari bahasa arab yaitu Tarbiyah yang merupakan bentuk masdar dari kata “Rabb atau Rabbun” yang artinya pengayoman. Sedangkan pendidikan dalam bahasa Al-Qur’an disebut adab yaitu akumulasi dari individu-individu yang mencerminkan perilaku atau tingkah laku mereka dan siapa diri mereka.
        Sedangkan pengajaran adalah suatu proses yang dilakukan guru dalam membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik untuk memiliki pengalaman belajar dalam mencapai tujuan pendidikan. Pengajaran merupakan bagian dari pendidikan. Pada dasarnya pendidikan itu tuntunan. Pola pendidikan yaitu harus melakukan. Pengajaran itu memberikan pengetahuan tentang pelajaran, menerapkan laku dan memberikan tuntunan untuk mencapai pendidikan tersebut.
       Pendidikan pada zaman now ini sangat miris, karena karakter anak-anak sekarang semakin buruk karena pengaruh era globalisasi. Seharusnya guru selain mengajarkan ilmu pengetahuan guru juga harus mengajarkan pendidikan karakter kepada peserta didiknya, agar peserta didiknya memiliki karakter yang baik, dan berakhlaqul karimah.

Comments

Popular posts from this blog

Reportase Filsafat Pendidikan

Reportase Pertemuan ketiga (2 Oktober 2018)